Bagaimana
perilaku konsumen bisa membantu keberhasilan penjualan sebuah produk ?
Karena teknologi, konsumen memiliki lebih banyak
informasi yang tersedia bagi mereka dan mereka mengambil waktu untuk mendidik
diri mereka sendiri. Hari ini, dalam masyarakat yang
sangat maju dan teknologi canggih, pelanggan memiliki banyak pilihan dan
pilihan (dan sering sangat dekat & bersaing) untuk memutuskan. Metodologi yang digunakan untuk
mempelajari perilaku konsumen, itu terjadi pada setiap tahap proses konsumsi
sebelum pembelian, saat pembelian, dan setelah pembelian. Penelitian
menunjukan bahwa dua pembeli yang berbeda membeli produk yang sama mungkin
telah melakukannya untuk alasan yang berbeda, harga yang berbeda dibayar,
digunakan dengan cara yang berbeda, memiliki keterikatan emosional yang berbeda
terhadap hal-hal dan sebagainya.
Strategi
pemasaran tergantung pada mengetahui, melayani dan mempengaruhi konsumen. Konsumen
merupakan salah satu yang paling penting dalam pendidikan bisnis, karena tujuan
bisnis adalah untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Perilaku konsumen
dengan kemampuan mereka untuk pengaturan naturalistik pasar sedang mencoba
untuk membuat kontribusi yang besar terhadap pemahaman kita tentang pemikiran
manusia secara umum. Studi tentang perilaku konsumen membantu manajemen
memahami kebutuhan konsumen sehingga dapat mengenali potensi kecenderungan
perkembangan perubahan persyaratan konsumen dan teknologi baru dan juga untuk
mengartikulasikan hal baru dalam hal kebutuhan konsumen sehingga akan diterima
di pasar dengan baik.
Seorang
manajer pemasaran ingin tahu bagaimana perilaku konsumen akan membantu dia
untuk merancang rencana pemasaran yang lebih baik untuk mendapatkan rencana
tersebut diterima dalam perusahaan. Perilaku
Konsumen cukup kompleks, karena banyak variabel yang terlibat dan kecenderungan
mereka untuk berinteraksi dengan dan mempengaruhi satu sama lain. Konsumen yang
ditampilkan dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan membuang
produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka, khususnya
yang berkaitan dengan aspek-aspek emosional, psikologis, mental, subyektif atau
non-utilitarian membeli keputusan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar